Sejarah Munculnya kata “Vegan”

Published by dapurvegans on

Mengutip website www.vegansociety.com, sejarah berdirinya vegan yang modern terjadi di bulan November 1944 saat seorang tukang kayu yang bernama Donald Watson mengadakan pertemuan dengan 5 orang non-dairy vegetarians, termasuk Elsie Shrigley untuk mendiskusikan diet dan gaya hidup non-dairy vegetarian di Inggris.

Kata vegan sendiri pertama kali dicetuskan oleh Donald Watson dengan saran dari Mr George A. Henderson dan istrinya Fay K. Henderson yang menyebut perkumpulannya dengan Allvega dan majalahnya yang bernama Allvegan. Kata vegan ini merupakan 3 huruf pertama dan 2 huruf terakhir dari kata vegetarian.

Sementara jauh sebelum itu, kisaran 2000 tahun yang lalu, di awal 500 BCE, seorang Greek philosopher dan mathematician Pythagoras memperkenalkan perbuatan menyayangi semua spesies termasuk binatang dan diikuti dengan diet vegetarian. Di kisaran waktu yang sama, Siddhārtha Gautama (tokoh Buddha) juga melakukan diskusi dengan para pengikutnya mengenai diet vegetarian.

Dengan mengedepankan doktrin bahwa “manusia harus bisa hidup tanpa mengeksploitasi hewan”, komunitas vegan hingga kini terus berkembang dan bertambah di seluruh belahan dunia. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Saya akan membahasnya di tulisan saya berikutnya.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *