Ramadan, Pandemi, dan Vegans di Indonesia

Published by dapurvegans on

Menghadapi akhir Ramadan di tahun ini rasanya sangat berbeda dengan Ramadan-ramadan sebelumnya. Shalat Tarawih di Masjid, kumpul keluarga besar hingga santapan yang biasa kita siapkan untuk buka bersama, tahun ini harus kita tahan dahulu dengan adanya pandemi virus corona. Bukan hanya Indonesia, namun banyak negara yang penduduknya Muslim juga merasakan hal yang sama. Ramadan kali ini berbeda. 

Di tengah situasi tidak menentu, kiranya satu hal yang harus dipahami dan syukuri dari pandemi yang terjadi. Dapat meluangkan waktu bersama keluarga kecil di rumah, mempunyai banyak waktu untuk lebih mendekatkan diri kepada sang Pencipta, lebih khusuk dalam beribadah dan lebih merasakan empati terhadap orang-orang yang tidak dapat merasakan limpahan rejeki seperti kita. 

Berbuka puasa tanpa berlebihan, rasanya itulah yang sejatinya kita terapkan. Karena  berpuasa berarti menahan diri, bukan hanya dari lapar, haus, emosi namun juga dari hawa nafsu yang menginginkan makanan yang berlimpah tanpa berbagi kepada sesama.  Semoga walau Ramadan kali ini berbeda namun tidak mengurangi ibadah kita kepada Sang Pencipta.  

Dengan menjadi vegan, banyak hal yang bisa kita pelajari maupun kita ambil hikmahnya terutama di bulan suci ini. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mungkin jauh dari kata mahal karena tidak adanya produk hewani yang lazimnya berharga fantastis, terutama diakhir bulan Ramadan atau menjelang Idul Fitri. 

Selain itu, dengan mengkonsumsi segala macam sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan berbagai macam plant base foods  lainnya dan menjauhi produk hewani membuat diri kita semakin “enteng” dan bugar dalam beraktifitas. Kiranya emosi yang kadang timbul dalam mengkonsumsi produk hewanipun dapat berkurang dan menjadikan diri lebih dekat dengan kata Islami. 

Di Indonesia sendiri, begitu banyak dan berlimpahnya sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan sehingga  memudahkan veganers untuk mendapatkan makanan yang tidak hanya sehat, bergizi, namun juga lezat. Berbagai macam makanan yang vegan-friendly pun tidak sulit didapatkan. Pada tulisan berikutnya DapurVegans akan mengupas makanan yang bisa menjadi alternatif saat Idul Fitri tiba.  

Mari menjadi vegan dan mari hidup sehat!


2 Comments

Eliza Megan · June 17, 2020 at 1:50 pm

Hi,

I hope you are safe in this pandemic situation by avoiding gatherings and staying at home.

I am reaching you to contribute a guest post article to your website (FREE of cost and high-quality). I would just need you to provide me a backlink in return, within that article. Please let me know if I shall send some interesting topic ideas for a guest post?

Looking forward to your response.

Regards,

Eliza Megan

    dapurvegans · June 17, 2020 at 3:46 pm

    Hi dear Eliza Megan,

    We hope you are safe in this pandemic as well.

    Thank you for your interest.
    We’ll contact you through email.

    Best Regards,
    DapurVegans

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *