9 Manfaat Salad Bagi Tubuh

Published by dapurvegans on

Bila mendengar kata salad pasti yang terlintas adalah aneka sayur maupun buah. Salad berasal dari kata Sal yang berarti garam. Mempunyai arti yang sama dengan bahasa Latin Salata yang artinya asin. Lalu kata sal ini dikombinasikan dengan bahasa Prancis kuno menjadi salade, kemudian pada akhir abad ke-14 diserap dalam bahasa Inggris menjadi salad atau sallet.

Untuk kita orang Indonesia salad sangat mirip dengan asinan, baik asinan sayur, buah ataupun campuran keduanya. Hanya dressing yang membedakan dan kadang asinan harus direndam lebih lama untuk menyerap dressingnya agar lebih terasa nikmat.

Berbagai jenis asinan yang kita ketahui di Indonesia, diantaranya asinan betawi, asinan bogor, asinan rambutan dari Sumatra dan banyak lagi. Namun kali ini bukan asinan yang akan dibahas oleh DapurVegans, tetapi DapurVegans akan mengupas 9 manfaat salad untuk tubuh kita yang dilansir dari foodal.com berikut ini:

1. Sumber Serat Alami.

Sayuran hijau dan sayuran mentah Anda adalah sumber serat alami yang luar biasa, dan mengkonsumsi serat yang cukup setiap hari memiliki beberapa manfaat kesehatan:

  • Serat membantu mengurangi LDL atau kolesterol “jahat”.
  • Membantu mengontrol gula darah.
  • Asupan serat yang memadai membantu penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan yang sehat.
  • Menormalkan pergerakan usus dan membantu dalam pencegahan penyakit usus.
  • Asupan serat yang tepat telah terbukti mengurangi kekambuhan dan pencegahan sejumlah penyebab penyakit kanker termasuk kolorektal, payudara, mulut, tenggorokan, dan kerongkongan.

2. Mendapatkan Manfaat dari Nutrisi Buah dan Sayuran Segar.

Gagasan bahwa sayuran segar dan buah-buahan sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita bukanlah sesuatu yang belum pernah kita dengar sebelumnya, tetapi sebaiknya diingatkan begitu sering. Kutipan berikut berasal dari sebuah artikel di Harvard School of Public Health:

“Diet kaya sayuran dan buah-buahan dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, mencegah beberapa jenis kanker, menurunkan risiko mata dan masalah pencernaan, dan memiliki efek positif pada gula darah yang dapat membantu menjaga nafsu makan tetap terkendali “.

Sangat penting untuk makan berbagai buah-buahan dan sayuran segar, dalam berbagai warna sebanyak mungkin. Menggabungkannya dalam salad mudah dan lezat! Penuh dengan vitamin dan mineral, makan salad sehari juga akan meningkatkan tingkat antioksidan kuat dalam darah Anda.

Dasar dari setiap salad, sayuran hijau, menawarkan manfaat nutrisi yang sangat besar. Di antara yang terbaik dari kelompok super hijau adalah: kangkung, bayam, bit hijau, selada air dan selada Romaine. Untuk sesuatu yang sedikit berbeda, cobalah menambahkan sayuran dandelion segar dan mizuna juga.

Buah-buahan dan sayuran berwarna cerah dalam keluarga “merah” adalah manfaat gizi tertentu. Ini termasuk produk dengan daging oranye, ungu, merah dan merah anggur. Beberapa contohnya adalah tomat, paprika merah dan orange, wortel, strawberry, nectarin, persik, blueberry, blackberry, cranberry, dan delima.

Karotenoid adalah kelas senyawa yang disintesis dari pigmen tanaman kuning, oranye dan merah. Ini termasuk vitamin A dan semua bentuk senyawa bervariasi: beta-karoten, likopen, lutein dan zeaxanthin. Semua ini memiliki efek positif yang kuat, ditambah manfaat antioksidan dan antiinflamasi di dalam tubuh.

3. Untuk Mengontrol Berat Badan.

Makan salad kaya serat sebelum menyantap hidangan Anda akan membantu Anda merasa kenyang lebih cepat, sehingga Anda akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang mungkin Anda makan saat disajikan tanpa hidangan pembuka ini. Semakin banyak sayuran mentah yang dapat Anda masukkan ke dalam salad Anda, semakin besar potensi efek positifnya.

4. Mengkonsumsi Salad Setiap Hari Membantu Penyerapan Lemak Sehat.

Tambahkan beberapa sendok makan campuran biji mentah atau panggang seperti labu, wijen, bunga matahari dan biji rami atau chia seed untuk meningkatkan asupan lemak baik setiap hari. Bereksperimen dengan berbagai jenis dressing dalam salad Anda juga akan membantu.

Mengiris seperempat alpukat dan menambahkannya ke sayuran juga akan memberi Anda dorongan. Makanan ini juga membantu tubuh menyerap semua senyawa pelindung, fitokimia, dan lutein.

Alpukat, Biji Bunga Matahari, dan Salad Lada

Menambahkan lemak sehat ke salad Anda melalui saus, atau dengan menambahkan kacang mentah sehat atau alpukat juga akan membuatnya lebih kenyal, karena lemak adalah yang paling mengenyangkan.

5. Membangun Tulang Yang Kuat

Kadar vitamin K yang rendah telah dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang yang rendah pada wanita. Untuk pertumbuhan tulang yang sehat, penyajian harian lengkap yang direkomendasikan dapat ditemukan hanya dalam 1 cangkir selada air (100%), radicchio (120%) atau bayam (170%).

6. Melindungi Penglihatan Anda

Karotenoid yang ditemukan dalam daun hijau seperti bayam, Romaine dan Red Lettuce membantu mata untuk menyesuaikan dari terang ke gelap, dan untuk menyaring tingkat cahaya intensitas tinggi, melindungi mereka dari pembentukan radikal bebas yang merusak.

7. Meningkatkan Kinerja Otot

Nah, ternyata Popeye tahu barang-barangnya. Nutrisi yang ditemukan dalam bayam tidak hanya membantu membangun tulang yang kuat, mereka juga membantu meningkatkan kinerja mitokondria – struktur kecil di dalam sel kita yang membantu menghasilkan energi, serta memberi informasi dan memberi daya pada otot kita.

8. Melindungi Jantung Anda

Selada romaine mengandung dua nutrisi utama dalam tingkat signifikan yang membantu melindungi otot jantung: folat dan serat. Tingginya kadar folat telah terbukti membantu dalam pencegahan stroke dan penyakit kardiovaskular.

9. Meningkatkan Warna Kulit

Tingginya kadar air yang ditemukan dalam sayuran salad meningkatkan hidrasi dalam tubuh kita, yang diperlukan untuk warna kulit muda dan berbagai fungsi tubuh dasar.


2 Comments

ปั้มไลค์ · July 24, 2020 at 10:18 am

Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

    dapurvegans · July 25, 2020 at 7:33 pm

    Hi dear, thanks.. you can translate anytime if you have any problem with the language. Keep reading! Cheers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *