5 Alternatif Pengganti Telur untuk Vegan

Published by dapurvegans on

Bagi kalian veganers yang hobby baking atau memasak makanan yang mengharuskan menggunakan telur sebagai salah satu bahan dasarnya, rasanya memang menjadi sulit karena telur merupakan turunan dari produk hewani.

Namun jangan berkecil hati, kata pepatah dulu “banyak jalan menuju Roma”, maka banyak juga alternatif pengganti telur untuk kalian veganers.

Berikut akan DapurVegans kupas alternatif telur untuk veganers yang bisa mengantisipasi kita dalam menikmati aneka kue maupun makanan yang bukan hanya bergizi dan sehat tapi juga lezat.

  1. Aquafaba
Kacang Arab atau Kacang Garbanzo

Cara membuat aquafaba ini sangatlah gampang, apalagi untuk veganers pemula bisa dicopy niy, karena selain mudah, bahannya juga murah.

Aquafaba adalah sisa cairan dari chickpeas atau kacang arab atau disebut juga kacang garbanzo yang dimasak. Anda bisa mendapatkannya dengan dua cara:

1) Saring sekaleng kacang garbanzo dan simpan cairannya. Atau,

2) Masak kacang garbanzo sendiri dengan cara cuci bersih kacang kering dan masak hingga lunak dan simpan sisa cairan memasak. Metode ini kurang efektif menurut saya, karena kadang kekentalan cairan dapat berbeda-beda dan Anda mungkin perlu memasaknya berkali-kali hingga menemukan tekstur yang sesuai, sehingga metode ini lebih memakan waktu.

Untuk para pemula, saya menyarankan menggunakan air dari kacang garbanzo kalengan karena lebih mudah.

Lantas bagaimana cara mencampur cairannya?

Trik untuk membuat aquafaba adalah dengan menggunakan mixer, baik hand atau stand mixer. Mengocoknya dengan tangan tanpa mixer membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak menghasilkan hasil sebaik menggunakan mixer berdasarkan pengalaman saya.

Memixing (mencampur) aquafaba biasanya memakan waktu 3-6 menit untuk mencapai tekstur semi-kaku, tergantung pada kecepatan mixer Anda.

Jadi, luangkan waktu Anda dan jangan berkecil hati jika perlu waktu untuk mencapai tekstur yang kaku. Ini bisa membutuhkan sedikit latihan dan kesabaran.

Tapi jangan khawatir, ada tips dan triknya lho, mau tau?

  1. Belilah kacang garbanzo dalam kaleng bukan yang bikin sendiri dari kacang yang dimasak. Sebaiknya pakai yang organic ya, kualitasnya lebih bagus.
  2. Beri sedikit krim tartar untuk membuat tekstur yang lebih kencang dan kaku.

Caranya adalah:

Buka kaleng dan saring airnya. Dari air kaleng ukuran 400gram, tambahkan krim tartar sekitar 1/8sendok teh. Lalu mixer dengan kecepatan sedang dan bila ingin hasil yang lebih kaku dapat dimixer dengan kecepatan sedang.

Ukuran dalam menggantikan telur adalah:

1 sendok makan aquafaba menggantikan 1 kuning telur

2 sendok makan aquafaba menggantikan 1 putih telur

3 sendok makan aquafaba menggantikan 1 butir telur

2.        Saus Apel

Saus Apel

Adalah ekstrak yang terbuat dari apel yang dimasak, saus apel memiliki tekstur kental seperti telur. Selain itu, saus apel juga cukup lengket sehingga bisa mengikat bahan-bahan adonan kue.

Gunakan kurang lebih 65 gram saus apel untuk menggantikan sebutir telur dalam resep. Sebaiknya, gunakan saus apel yang benar-benar murni dan tak mengandung pemanis supaya nantinya tak merubah cita rasa dari kue.

3.         Pisang

Pisang tumbuk

Salah satu bahan yang sering digunakan sebagai pengganti telur adalah pisang tumbuk atau mashed banana. Tekstur pisang yang padat, kental, dan sedikit lengket sangat cocok digunakan untuk membuat kue, muffin, brownies, dan roti.

Penggunaan buah ini sebagai campuran adonan juga akan memberikan sedikit sentuhan rasa khas pisang yang lembut. Kamu bisa mencampurkan 65 gram mashed banana untuk setiap butir telur.

4.         Chia seeds

Chia Seeds

Meski ukurannya sangat mungil, namun chia seeds mengandung omega-3 dan serat yang tinggi. Tak cuma bernutrisi, biji-bijian sehat ini ternyata juga bisa menggantikan peran dari telur.

Cukup campurkan 7 gram chia seeds yang telah digiling dengan 3 sendok makan air hingga konsistensinya mengental. Chia seeds sendiri lebih cocok untuk dicampurkan dalam adonan pancake, waffle, muffin, roti, dan kukis; karena akan menghasilkan tektsur yang padat dengan sedikit sentuhan rasa kacang.

5.         Tahu Sutra

Tahu Sutra

Tahukah kamu, ternyata tahu sutra juga bisa menjadi pengganti telur, lho. Tahu sutra memiliki kadar air yang tinggi dan konsistensi yang lebih lembut ketimbang tahu biasa, sehingga bisa digunakan sebagai campuran kue.

Rasanya pun cenderung hambar, dan bisa membuat tekstur kue menjadi padat; cocok untuk membuat brownies, kukis, roti, dan kue. Untuk menggantikan sebutir telur, campurkan sekitar 60 gram tahu sutra yang sudah dihaluskan.

Itulah 5 bahan alternative pengganti telur untuk kamu veganers atau yang mungkin punya alergi terhadap telur. Selamat mencoba dan semoga membantu ya 😉

Sumber: minimalistbaker.com dan healthline.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *